Recent Posts

Pengertian Grafika Komputer

 

Grafika Komputer merupakan sekumpulan alat yang digunakan untuk membuat gambar dan berinteraksi dengan gambar dengan cara-cara seperti yang biasa digunakan. Peralatan tersebut dapat berupa perangkat keras ataupun piranti lunak. Semua peralatan tersebut memberi fasilitas kepada programmer membuat program-program grafis yang baik. Secara umum program-program komputer grafis ditujukan untuk memudahkan interaksi antara manusia dengan komputer.

1.1 Implementasi Grafika Komputer
Aplikasi grafika komputer adalah program komputer yang dirancang khusus untuk menghasilkan grafis datau representasi visual dari data ke dalam bentuk gambar, slide dan sebagainya. Ruang lingkup
aplikasi grafika komputer sangat luas mencakup dari sekedar proses interaktif. Selain itu ruang lingkup aplikasi grafika komputer mulai dari bidang dua dimensi sampai ke ruang tiga dimensi, mulai dari pemodelan benda sederhana sampai ke representasi data geografis. Aplikasi grafika komputer dapar dibagi mejadi beberapa kelompok, yaitu : Aplikasi pengolah Bentuk dan Citra Presentasi CAD (Computer Aided Design) Animasi Representasi Data Permainan

1.1.1 Aplikasi Pengolah Bentuk dan Citra Aplikasi Pengolah bentuk dan Citra merupakan aplikasi yang banyak digunakan oleh Desaigner grafis dan ilustrator. Aplikasi pengoleh Bentuk ditujukan untukmengolah bentuk (Shape) yang disusun dari serangkaian garis sedangkan Aplikasi pengolah Citra ditujukan untuk memanipulasi sekumpulan titik yang membentuk sebuah gambar (Citra). Bentuk/Shape Shape/bentuk tidak akan berubah kehalusannya meskipun diubah ukurannya Gambar yang dibuat/direkayasa dari bentuk geometri Contoh aplikasi Pengolah bentuk antara lain Corel Draw, Adobe ilustrator, Adobe FreeHand Citra / raster Citra akan berubah bentuknya jika diubah ukurannya diberbersar atau diperkecil. Perubahan bentuk Pada citra terjadi karena ukuran pixel mengikuti perbandingan perbesaran citra. Sehingga perbesaran mengakibatkan citra kehilangan ketajaman. Aplikasi pengolah Citra daoat digunakan untukmemberikan efek khusu terhadap citra yang diolah, tergantung aplikas yang digunakan dapat diberkan efek khusu seperti bayangan (shadow), pengkaburan (blur) dsb. Contoh aplikas pengolah Citra antara lain Corel PhotoPaint, Adobe Photoshope

1.1.2 Presentasi
Aplikasi presentasi banyak digunakan oleh kalangan bisnis dalam mempresentaskan ide-ide ataupun konsep-konsep. Dalam perkembangannya, aplikas presentas tidak hanya sekedar menampilkan slide ke layar tetapi juga dilengkapi dengan fasilitas animasi. (contoh aplikasi presentasi antara lain : Power point, Marcomedia Flash)
1.1.3 CAD (Computer Aided Design)
Aplikasi CAD banyak digunkan dalam bidang Teknik. Dengan menggunkan CAD seorang perancang teknik tidka lagi menggunakan meja gambar dan kertas tetapi mengunakan komputer sebagai media. Contoh Aplikasi CAD . Contoh aplikasi CAD antara lain AutoCad untuk aplika teknik/rekaya bangunan/mesin, Protel untuk aplikasi rekyasa elektronik, Home Designer untuk aplikasi design anterior dan NuGraf untuk aplikas pemodelan benda tiga dimensi. 1.1.4 Animasi Aplikasi animasi merupakan aplikas yang banyak digunakan dalam bidang periklanan dan Film. Dengan mengunakan aplikasi animasi, seorang kreator dapat menciptakan benda-benda maya yang dapat bergerak dalam dunia nyata. Contoh aplikasi animasi antara lain Autodesk 3D Studio, Extreme 3D, Animator Pro, Ray Dream Studio.
1.1.5 Representas Data
Representasi data merupakan salah satu cara melihat data dalam bentuk yang lebih mudah diamati. Aplikasi representas data banyak digunakan dalam bidang analisa statistik dan geografi. Contoh apliasi untuk merepresentasikan data geografis antara lain ArcInfor, MapInfo. 1.1.6 Permainan Saat ini hampir tidak ada aplikas permainan komputer yang tiak memanfaatkan modus grafik. Aplikasi permainan antara lain aplikasi tembak dan lari (Shoot adn run), Aplikasi permainan strategi (war games), dll.

1. 3 SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Sistem grafika komputer pasif adalah sistem dimana operator tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan gambar yang dibangkitkan. Sistem Grafika komputer interaktif (interactive Computer Graphics) adalah sistem yang memungkinkan operator untuk berdialog langsung dengan apa yang terlihat pada layar komputer.
1.4 KOMPONEN LAYAR PENAMPIL
Pada dasarnya, semua layar penampil dengan kemampuan grafis punya 3 komponen utama :
- Pengingat digital (frame buffer) Citra yang akan ditampilkan ke layar disimpan sebagai matrix nilai elemennxm menunjukkan intensitas dari citra grafis yang akan ditampilkan
- Layar Penampil - Piranti pengendalian tampilan (Display controller) atau pengolah tampilann (Display processor) Berfungsi untuk melewatkan isi pengingat digital dan mengolahnya untuk ditampilkan ke layar penampil. Tampilan vektor atau tampilan kaligrafi (Vektor, caligraphic atau stroke display) dikembangkan tahun 60-an. Pada jenis ini pengingat digital berisi daftar tampilan (display list) atau tampilkan (display program) yang berisi perintah pengambaran titik, perintah penggambaran garis, dan perintah penggambaran karakter. Perintah ini selanjutnya oleh pengolah tampilan akan mengubah data digital menjadi tegangan analog yang dipakai untuk memancarkan elektron yang bisa mengenal tabung layar tampilan berlapis fosfor akan menyebabkan fosfor tersebut berpendar dan terlihat ada gambar. Karena sisnar pendar dari fosfor tersebut tidak tahan lama dalam puluhan atau ratusan mili detik, maka elektron-elektron tersebut harus ditembakkan minimal 30 kali per detik untuk menghindari adanya kedip (flicker). Proses ini disebut sebagai penyegaran eletron (electron refreshing). Tampilan berdasarkan teknologi TV dan disebut raster display. Dikembangkan tahun 70an. Pada tampilan ini, garis, karakter dan bentuk- bentuk lain selalu digambar berdasar komponen terkecilnya yaitu titik, dan biasa disebut sebagai pixel atau pel(picture element). Sebuah titik pada layar tampilan bisa dihidup matikan dengan mudah dalam pengingat digital karena 0 untuk titik matik dan 1 untuk titik yang menyala. Didalam pengingat digital, citra grafis yang akan ditampilkan disimpan sebagai polabit dengan mengubah pola bit (piksel) yang ada dalam pengingat digital, bisa dibentuk gambar sesuai dengan keinginan. Untuk gambar hitam- putih, warna hitam disajikan menggunakan bit 1, dan warna putih menggunakan bit 0. Untuk gambar berwarna pengaturan yaitu lebih rumit. Yang dimaksud dengan raster atau resolusi layar (screen resolution) adalah matrix piksel yang menutup seluruh permukaan layar tampilan. Semakin besar ukuran matrix pixel yang dibentuk pada suatu layar tampilan, semakin bagus dan halus pula gambar yang bisa dihasilkan oleh layar tersebut.

DOWNLOAD
 

    Choose :
  • OR
  • To comment