Grafika  Komputer  merupakan  sekumpulan  alat  yang  digunakan  untuk membuat gambar dan berinteraksi dengan gambar dengan cara-cara seperti yang  biasa  digunakan.  Peralatan  tersebut  dapat  berupa  perangkat  keras ataupun  piranti  lunak.  Semua  peralatan  tersebut  memberi  fasilitas  kepada programmer   membuat   program-program   grafis   yang   baik.   Secara   umum program-program   komputer   grafis   ditujukan   untuk   memudahkan   interaksi antara manusia dengan komputer.
1.1   Implementasi Grafika Komputer
Aplikasi  grafika  komputer  adalah  program  komputer  yang  dirancang khusus  untuk  menghasilkan  grafis  datau  representasi  visual  dari  data  ke dalam  bentuk  gambar,  slide  dan  sebagainya.  Ruang  lingkup
aplikasi grafika komputer sangat luas mencakup dari sekedar proses interaktif. Selain itu ruang lingkup aplikasi grafika komputer mulai dari bidang dua dimensi sampai ke ruang tiga dimensi, mulai dari pemodelan benda sederhana sampai ke representasi data geografis. Aplikasi grafika komputer dapar dibagi mejadi beberapa kelompok, yaitu : Aplikasi pengolah Bentuk dan Citra Presentasi CAD (Computer Aided Design) Animasi Representasi Data Permainan
aplikasi grafika komputer sangat luas mencakup dari sekedar proses interaktif. Selain itu ruang lingkup aplikasi grafika komputer mulai dari bidang dua dimensi sampai ke ruang tiga dimensi, mulai dari pemodelan benda sederhana sampai ke representasi data geografis. Aplikasi grafika komputer dapar dibagi mejadi beberapa kelompok, yaitu : Aplikasi pengolah Bentuk dan Citra Presentasi CAD (Computer Aided Design) Animasi Representasi Data Permainan
1.1.1  Aplikasi Pengolah Bentuk dan Citra
Aplikasi  Pengolah  bentuk  dan  Citra  merupakan  aplikasi  yang  banyak digunakan oleh Desaigner grafis dan ilustrator.
Aplikasi  pengoleh  Bentuk  ditujukan  untukmengolah  bentuk  (Shape) yang   disusun   dari   serangkaian   garis   sedangkan   Aplikasi   pengolah   Citra ditujukan   untuk   memanipulasi   sekumpulan   titik   yang   membentuk   sebuah gambar (Citra).
Bentuk/Shape
Shape/bentuk   tidak   akan   berubah   kehalusannya   meskipun   diubah ukurannya
Gambar yang dibuat/direkayasa dari bentuk geometri
Contoh  aplikasi  Pengolah  bentuk antara  lain  Corel  Draw,  Adobe ilustrator, Adobe FreeHand
Citra / raster
Citra akan berubah bentuknya   jika diubah ukurannya diberbersar atau diperkecil.  Perubahan  bentuk  Pada  citra  terjadi  karena  ukuran  pixel mengikuti perbandingan perbesaran citra. Sehingga perbesaran mengakibatkan citra kehilangan ketajaman.
Aplikasi pengolah Citra daoat digunakan untukmemberikan efek khusu terhadap  citra  yang  diolah,  tergantung  aplikas  yang  digunakan  dapat diberkan  efek  khusu  seperti  bayangan  (shadow),  pengkaburan  (blur) dsb.
Contoh  aplikas  pengolah  Citra  antara  lain  Corel  PhotoPaint,  Adobe
Photoshope
1.1.2  Presentasi
Aplikasi   presentasi   banyak   digunakan   oleh   kalangan   bisnis   dalam mempresentaskan ide-ide ataupun konsep-konsep. Dalam perkembangannya, aplikas presentas tidak hanya sekedar menampilkan slide
ke  layar  tetapi  juga  dilengkapi  dengan  fasilitas  animasi. (contoh  aplikasi presentasi antara lain : Power point, Marcomedia Flash)
1.1.3  CAD (Computer Aided Design)
Aplikasi CAD banyak digunkan dalam bidang Teknik. Dengan menggunkan  CAD  seorang  perancang  teknik  tidka  lagi  menggunakan  meja gambar  dan  kertas  tetapi  mengunakan  komputer  sebagai  media.  Contoh Aplikasi   CAD   .   Contoh   aplikasi   CAD   antara   lain   AutoCad   untuk   aplika teknik/rekaya   bangunan/mesin,   Protel   untuk   aplikasi   rekyasa   elektronik,
Home  Designer untuk  aplikasi  design  anterior  dan  NuGraf  untuk  aplikas pemodelan benda tiga dimensi.
1.1.4  Animasi
Aplikasi  animasi  merupakan  aplikas  yang  banyak  digunakan  dalam bidang  periklanan  dan  Film.  Dengan  mengunakan  aplikasi  animasi,  seorang kreator  dapat  menciptakan  benda-benda  maya  yang  dapat  bergerak  dalam dunia   nyata. Contoh   aplikasi   animasi   antara   lain   Autodesk   3D   Studio, Extreme 3D, Animator Pro, Ray Dream Studio.
1.1.5  Representas Data
Representasi  data  merupakan  salah  satu  cara  melihat  data  dalam bentuk yang lebih mudah diamati. Aplikasi representas data banyak digunakan  dalam  bidang  analisa  statistik  dan  geografi.  Contoh  apliasi  untuk merepresentasikan data geografis antara lain ArcInfor, MapInfo.
1.1.6  Permainan
Saat   ini   hampir   tidak   ada   aplikas   permainan   komputer   yang   tiak memanfaatkan  modus  grafik.  Aplikasi  permainan  antara  lain  aplikasi  tembak dan lari (Shoot adn run), Aplikasi permainan strategi (war games), dll.
1. 3   SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Sistem  grafika  komputer  pasif  adalah  sistem  dimana  operator  tidak bisa berinteraksi secara langsung  dengan gambar yang dibangkitkan. Sistem   Grafika   komputer   interaktif   (interactive   Computer   Graphics) adalah sistem yang memungkinkan operator untuk berdialog langsung dengan apa yang terlihat pada layar komputer.
1.4 KOMPONEN LAYAR PENAMPIL
Pada   dasarnya,   semua   layar   penampil   dengan   kemampuan   grafis punya 3 komponen utama :
- Pengingat digital (frame buffer)
Citra  yang  akan  ditampilkan  ke  layar  disimpan  sebagai  matrix  nilai elemennxm menunjukkan intensitas dari citra grafis yang akan ditampilkan
- Layar Penampil
- Piranti   pengendalian   tampilan   (Display   controller)   atau   pengolah tampilann (Display processor)
Berfungsi  untuk  melewatkan  isi  pengingat  digital  dan  mengolahnya
untuk ditampilkan ke layar penampil.
Tampilan vektor atau tampilan kaligrafi (Vektor, caligraphic atau stroke display)  dikembangkan  tahun  60-an.  Pada  jenis  ini  pengingat  digital  berisi daftar  tampilan  (display  list)  atau  tampilkan  (display  program)  yang  berisi perintah   pengambaran   titik,   perintah   penggambaran   garis,   dan   perintah penggambaran karakter. Perintah ini selanjutnya oleh pengolah tampilan akan mengubah data digital menjadi tegangan analog yang dipakai untuk memancarkan  elektron  yang  bisa  mengenal  tabung  layar  tampilan berlapis fosfor akan menyebabkan fosfor tersebut  berpendar dan terlihat ada gambar. Karena  sisnar  pendar  dari fosfor  tersebut  tidak  tahan  lama  dalam  puluhan atau  ratusan  mili  detik,  maka  elektron-elektron  tersebut  harus  ditembakkan minimal 30 kali per detik untuk menghindari adanya kedip (flicker). Proses ini disebut sebagai penyegaran eletron (electron refreshing).
Tampilan berdasarkan teknologi TV   dan disebut raster display. Dikembangkan  tahun  70an.  Pada  tampilan  ini,  garis,  karakter  dan  bentuk- bentuk  lain  selalu  digambar  berdasar  komponen  terkecilnya  yaitu  titik,  dan biasa disebut sebagai pixel atau pel(picture element). Sebuah titik pada layar tampilan bisa dihidup matikan dengan mudah dalam pengingat digital karena
0 untuk titik matik dan 1 untuk titik yang menyala.
Didalam pengingat digital, citra grafis yang  akan ditampilkan disimpan sebagai polabit dengan mengubah pola bit (piksel) yang ada dalam pengingat digital, bisa dibentuk gambar sesuai dengan keinginan. Untuk gambar hitam- putih, warna hitam disajikan menggunakan bit 1, dan warna putih menggunakan bit 0. Untuk gambar berwarna pengaturan yaitu lebih rumit.
Yang dimaksud dengan raster  atau resolusi layar (screen resolution)
adalah   matrix   piksel   yang   menutup   seluruh   permukaan   layar   tampilan.
Semakin besar ukuran matrix pixel yang dibentuk pada suatu layar tampilan, semakin   bagus   dan   halus   pula   gambar   yang   bisa   dihasilkan   oleh   layar tersebut.
DOWNLOAD
 
DOWNLOAD
