Recent Posts

Mengukur Kadar Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor

 


ALAT UKUR KADAR PARTIKULAT MATTER (PM10) PADA GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR







I. PENDAHULUAN

Sarana transportasi saat ini sangat dibutuhkan bagi masyarakat yang melakukan aktivitas  perjalanan  di  luar  rumah.  Kebutuhan  sarana  transportasi  tersebut memacu   laju   pertambahan   kendaraan   bermotor   yang   semakin   meningkat, sehingga konsumsi bahan bakar juga mengalami peningkatan yang berujung pada bertambahnya jumlah pencemaran yang dilepaskan ke udara. Salah satu pencemaran   udara   disebabkan   oleh   emisi   kendaraan   bermotor.   Kendaraan bermotor mengeluarkan zat-zat berbahaya yang dapat menimbulkan dampak negatif, baik terhadap kesehatan manusia maupun  terhadap lingkungan, seperti timbal/timah hitam (Pb), suspended particulate matter (SPM), oksida nitrogen (NOx), hidrokarbon (HC), karbon monoksida (CO), dan oksida fotokimia (Ox).


Dampak terhadap kesehatan yang disebabkan oleh pencemaran udara akan terakumulasi dari hari ke hari, dalam jangka waktu lama apabila melebihi ambang batas yang ditentukan akan berakibat pada berbagai gangguan kesehatan pada manusia, seperti bronchitis, emphysema, dan kanker paru-paru serta gangguan kesehatan lainnya. Saat ini banyak sekali diciptakan alat-alat yang sangat canggih untuk   membantu   pekerjaan   manusia   dalam   segala   hal,   termasuk   dalam mengetahui kadar PM10 pada gas buang kendaraan bermotor, akan tetapi alat-alat tersebut mempunyai kelemahan-kelemahan contohnya sering tidak akurat dalam pengukuran karena system pengukuran masih dilakukan secara manual. Untuk itu dirasakan perlunya suatu alat yang dapat mengukur kadar PM10 dengan

lebih teliti serta akurat dan terotomatisasi. Alat yang akan dirancang oleh penulis ini adalah sebuah sistem pengukuran kadar (PM10) partikulat matter dengan menggunakan loadshel. Alat ini dapat mengukur kadar PM10 pada gas buang kendaraan bermotor dengan menampilkan jumlah kadar PM10 pada satuan kg/m3 yang di tampilkan pada layar LCD. Alat ini mengunakan mikrokontroller AT89C51 sebagai otaknya, mikrokontroller ini membutuhkan program yang dapat mengendalikan kerja alat tersebut dengan benar.

Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut, untuk dapat memantau emisi kendaraan bermotor dibutuhkan peralatan yang dapat mendeteksi dan mengukur tingkat kadar PM10 dari knalpot kendaraan bermotor, menggunakan sensor untuk mengukur   kadar   Partikula Matter   (PM10),   bagaimana   membuat   sistem antarmuka sensor dengan mikrokontroller AT89C51, bagaimana membuat sistem antarmuka mikrokontroller dengan LCD 16 x 2

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  dapat  membuat  alat  ukur  kadar partikulat matter (PM10) bernasis mikro controller AT89C51, mendeteksi dan mengukur kadar Partikulat matter (PM10) yang terkandung di dalam gas buang kendaraan bermotor.


    Choose :
  • OR
  • To comment