Recent Posts

Sampai di Masjid Imam Sedang Baca Khutbah

 

Seperti biasanya sebelum sholat berjama'ah, terlebih dahulu melakukan sholat tahiyyatul masjid. Namun pada suatu hari, ketika saya masuk masjid untuk melakukan sholat jumat, ternyata khotib sedang membaca khutbah. dari kejadian tersebut manakah yang harus atau yang lebih utama antara mengerjakan tahiyyatul masjid terlebih dahulu ataulangsung duduk mendengarkan khutbah?

Yang lebih baik adalah melakukan sholat tahiyyatul masdid terlebih dahulu dengan cara dipercepat, apabila dengan sholat tahiyyatul masjid anda tidak akan ketinggalan takbiratul ihromnya imam.
Dizaman Rosulullah, pernah ada seorang laki-laki bernama Sliku al-Ghotofany masuk masjid langsung duduk ketika Nabi sedang berkhutbah jum'at kemudian nabi memerintah orang tersebut untuk melaksanakan sholat tahiyyatul masjid. Tapi kalau sekiranya dengan melaksanakan sholat tahiyyatul masjid nantinya akan ketinggalan takbirotul ihromnya imam, maka yang lebih baik adalah mendengarkan khutbah sambil berdiri dan makruh melaksanakan sholat tahiyyatul masjid.

sumber: buletin Tauiyah ubadiyah ponpes Sidogiri

    Choose :
  • OR
  • To comment